Selasa, 03 Oktober 2017

Tampil Keren Dengan Busana Muslim Batik

        Wanita merupakan makhluk yang selalu menjadi subyek sekaligus obyek dari trend fashion. Tentu saja hal tersebut tak bisa dipisahkan dari karakter wanita yang senang untuk berpenampilan sempurna di setiap kegiatannya. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan berbusana modern dengan gaya tampilan yang sesuai dengan karakter seperti pada penggunaan baju batik, baik itu untuk acara formal atau non-formal. Batik memamg telah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia.
        Saya sebagai wanita muda muslimah sangat senang mengenakan baju batik. Karena menurut saya, mengenakan batik sama halnya dengan melestarikan budaya bangsa. Batik juga memiliki beragam motif dan fleksibel karena bisa dibentuk berbagai macam model. Tetapi sangat disayangkan masih banyak anak muda zaman sekarang yang malu untuk mengenakan batik, mereka lebih memilih pakaian branded walau itu kualitas KW..hhe. Padahal model batik zaman sekarang sudah sangat cocok untuk dikenakan para remaja yang ingin tetap tampil fashionable.
       Berbicara tren fashion, memang setiap tahun tren terus berubah entah berevolusi atau malah kembali ke era masa lalu dalam sentuhan yang retro atau vintage. Tren busana muslim pun mengikuti alur tren fashion secara global hanya saja penerapannya lebih modest.
      Tanggal 2 Oktober kemarin merupakan Hari Batik Nasional, apa yang kamu lakukan untuk merayakan Hari Batik? Biasanya sih pada menggunakan pakaian batik dengan mix and match. Memang, saat ini sedang tren sekali batik yang dicampur dengan pakaian biasa. Ini memberikan kesan penampilan berbeda.
Yuk coba disimak beberapa model busana muslim batik, khusus untuk para muslimah saja ya:
1. Gamis Batik 
    Gamis adalah busana yang paling sering dikenakan muslimah di segala kesempatan. Praktis dan modis adalah alasan utama muslimah memilih gamis sebagai busana utama. Sebenarnya contoh gamis batik yang ada digambar itu masih model yang sederhana (karena saya suka yang simple). Untuk kesan glamournya kamu bisa menggunakan sepatu hak tinggi yang blink-blink dan mengenakan hijab pashmina atau segi empat yang polos saja ya, biar tidak terkesan norak. Pada gambar di atas saya mengenakan hijab instan, karena pada saat itu sedang terburu-buru, akhirnya terpilihlah hijab tersebut. Gamis batik bisa dikombinasikan dengan kain polos. Seperti ini:
Batik yang dikombinasikan dengan kain polos
2. Kaftan Batik
     Selain gamis, kaftan batik juga cocok untuk kamu yang ingin pergi ke pesta pernikahan dengan tampilan yang muslimah. Anda bisa memilih warna kain yang cerah agar anda terlihat fresh dan juga elegan. Sudah ada banyak kaftan batik yang dijual di toko-toko baju, tentunya dengan beragam model dan warna. Anda bisa memadukannya dengan hijab polos yang senada atau kalau anda berani bisa tabrak warna, misalkan warna biru dengan abu-abu, warna abu-abu ini akan membuat tampilan anda lebih mewah. Tambahkan pemaduan dengan high heels atau wedges untuk menambahkan kesan feminim.
Sumber gambar: kriyaIndonesia
        Dalam foto tersebut, si model memang terlihat sangat anggun. Ia mengenakan kaftan motif batik yang elegan. Dia memadukannya dengan manset atau dalaman berwarna hitam. Untuk bagian hijabnya sendiri, dia memilih nuansa krem. 
Untuk melengkapi outfitnya, anda bisa menggunakan tas model clutch dan sepatu berhak tinggi. Tidak terlalu berlebihan, namun juga tidak terlalu sederhana. Sangat cocok dikenakan untuk menghadiri sebuah pesta pernikahan.
3. Gamis Batik dan Blazer 
 
gamis batik dan blazer polos

       Busana two piece ini cocok dikenakan sebagai setelan saat bekerja. Dress batik motif floral dipadu warna blazer polos membuat gaun ini tampak elegan dan sesuai dengan suasana kantoran. Model busana ini juga bisa digunakan dalam acara pesta.
gamis polos dan blazer batik
      Batik tidak hanya dirancang sebagai busana utama saja, tetapi bisa dirancang sebagai outer dengan dipadu padankan dengan gamis polos.

4.  Bergo dan Gamis Batik

Sumber : google.com
      Sekarang ini, banyak muslimah yang ingin tampil modern namun tetap syar'i. Maka dari itu para desaigner menciptakan inovasi baru, dengan kombinasi antara gamis batik dan jilbab yang menutup dada, diharapkan para muslimah tetap keren dengan model busana muslim batik ini.

4. Jumpsuit Batik dan Blazer

Motif : sasambo (batik NTT)

     Pada awal mulanya model pakaian jumpsuit ini akrab disebut sebagai mode one-piece. Maknanya adalah baju ini berbentuk menyatu antara atasan dan bawahan. Jika kita lihat dari kata Jump dan suit, mungkin jika diartikan secara word by word terlihat lucu yakni "baju melompat". Karena awalnya model baju ini diciptakan untuk para penerjun payung dengan spesifikasi baju yang menyatu antara atasan dan bawahan serta kain tebal dari bahan khusus agar terlindung dari udara dan kencangnya angin saat mereka terjun dari pesawat.
     Model Jumpsuit ini pun ada yang bercorak batik dengan di kombinasikan dengan blazer, cocok untuk anda saat travelling atau ada kegiatan non-formal.

5. Batik Casual Muslim
Sumber gambar: debusana


      Kebanyakan baju batik memang dipakai di waktu-waktu formal. Namun sekarang ini, batik juga bisa dipakai untuk hal yang casual juga. Misalnya saja, celana batik dan rok batik yang di padu padankan dengan atasan polos yang memiliki warna senada. Anda bisa memakai flat shoes agar menambah kesan santai anda.
       Dalam gambar di atas, Dian Pelangi memang terlihat sangat casual dengan outer batik Pekalongan. Dian Pelangi mengenakan atasan merah dengan outer batik, yang dipadu dengan loose pants peach berbahan satin. Untuk hijabnya, dia mengenakan hijab polos berwarna merah. Penampilannya semakin fashionable karena Dian menggunakan kacamata, kalung, jam tangan, tas, dan sandal flat gold.

6. Rok Batik
Sumber gambar: Pinterest
      Tak hanya atasan, batik juga bagus untuk kamu kenakan sebagai bawahan seperti rok. Rok batik dengan potongan lebar seperti gambar di atas pastinya nyaman untuk kamu kenakan saat beraktifitas. 
Pada foto tersebut memang terlihat Dian Pelangi menggunakan busana yang serba tabrak waran. Tapi menurut aku itu keren (karena saya juga suka nabrak-nabrakin warna). Jika kamu ingin tampil berbusana hijab dengan nabrakin warna, mulailah dengan busana bermotif agar dapat menghasilkan lebih banyak warna dalam penampilanmu. Jika mengenakan atasan atau bawahan bermotif, sebaiknya dipadukan dengan outfit polos. Jangan takut untuk memadukan warna-warna kontras seperti merah dan biru tosca. Dengan paduan kedua warna tersebut akan membuat tampilanmu semakin berani dan atraktif.

7. Celana Batik
Celana batik denga blouse polos

      Solusi buat kamu yang tak biasa memakai rok, kamu bisa mencoba celana batik untuk HOTD mu. Apalagi celana motif batik cukup populer saat ini sehingga mudah mendapatkannya. Untuk batik dengan warna dasar gelap, kamu bisa mix and match dengan atasan blouse polos yang berwarna senada. Ditambah dengan menggunakan sepatu hak tinggi berwarna putih. Untuh model hijab bisa sekreatif kamu ya guys, dengan warna yang pas juga tentunya. 

       Nah itulah beberapa inspirasi busana muslim batik yang bisa kamu pakai. Dengan perkembangan batik yang selalu mengikuti tren fashion akan membuat tampilan anda semakin menarik dan cantik dalam berbusana. Untuk itu tidak ada salahnya selalu berkreasi dengan model pakaian batik. Selain akan mempercantik penampilan anda, berarti juga mencintai produk-produk dalam negeri. Kalau bukan kita yang bangga dengan kekayaan budaya negeri sendiri, lalu siapa lagi?
       
      O iya kemarin sempet kaget juga dan kecewa saat MV baru Agnez Mo keluar karena di Video tersebut Agnez mengenakan batik dengan model yang cukup sexy ditambah alur cerita di video tersebut lumayan "panas"..hhe. Saya tidak akan menampilkan gambarnya..jika ingin tahu MV lihat saja di Youtube yang berjudul Long As I Get Paid.

(Artikel ini diikutsertakan dalam KEB Collablogging group Raisa) Baca tulisan mak Ery seputar dunia fashion di www.emaronie.com, dan baca postingan KEBnya yang berjudul  TAMPIL KEREN DENGAN MIX and MATCH BUSANA.

Yang ingin referensi lain untuk mix and match biar tampil keren, bisa kunjungi blog ini:
1. Mix and Match lifestyle blogger ,author: Mak Dira
2. Tampil Keren Padu Padan Warna, author=Mak Gifta
3. Tips Tampil Keren Mix and Match saat Liburan, author=Mak Ketua Ima
4.Tampil Keren Dengan Bermain Game Fashion, author=Mak Winarni
5. Tubuh Gemuk Tetap Bisa Tampil Keren, author=Mak Merry 

Arigatou ^^ 

8 komentar:

  1. Batik emang gak ada matinya 😍

    BalasHapus
  2. Aku suka jumpsuit batik itu mak. Kayaknya asyik banget utk di pake pas acara santai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak..coba dech pke jumpsuit ps traveling..nyaman bgd

      Hapus
  3. Batiikkk, sukaaa dan idolaaaaaa. Mbaknya model langsing2 jadi pengin #eh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe..semangat mak..bwt nglasingin badan

      Hapus
  4. Saya paling sukaaa pakai bawahan batik, atasan polos..meskipun kadang-kadang berada pakai daster hihii

    BalasHapus
  5. Saya paling suka pakai daster batik. Eh itu untuk di rumah aja ya.
    Saya suka batik karena warna-warnanya terlihat natural, kelihatan etnik tapi tetap stylish.

    BalasHapus