Jumat, 17 November 2017

Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta



Tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik sering disebut sebagai kebun binatang atau biasanya disingkat menjadi bonbin. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, kebun binatang juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran outdoor, penelitian, dan perlindungan untuk hewan yang terancam punah.

Anak-anak sangat menyukai petualangan dan mengenal hal-hal yang baru. Lantas tempat apa yang dapat menarik perhatian si kecil? Ya, kebun binatang. Ketika si kecil kita ajak ke kebun binatang, maka dia akan dapat mengenal, melihat secara langsung, menyentuh dan bahkan dapat berinteraksi langsung dengan hewan yang sudah dijinakkan tetapi tetap ada pengawasan dari petugas kebun binatang ya.
Foto bersama Ular (Lokasi: Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta)

Berani menyentuh kura-kura
Selain membuat senang anak, kita sebagai orang tua juga dapat mengajari anak untuk mencintai makhluk hidup lainnnya, seperti hewan, karena hewan juga makhluk ciptaan-Nya.
Dilansir friso.co.id mengajak anak berwisata ke kebun binatang memiliki beragam pelajaran dan manfaat, berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak
Bermacam-macam fauna yang ada di kebun binatang yang mungkin belum pernah dilihat si kecil, tentu akan membuat si kecil merasa kagum.
Saat si kecil sedang mengamati satwa yang barusan dijumpainya, bunda bisa membuka obrolan, contohnya bunda dapat mendeskripsikan fisiknya, termasuk karnivora, hebivora, atau omnivora, berkembang biak dengan cara apa, dan bunyi hewan tersebut seperti apa. Hal ini secara tak langsung juga dapat menambah kosakata si kecil.

2. Belajar Menghormati Sesama Makhluk Hidup
Dalam hal ini, bunda dapat memberi tahu si kecil bahwa hewan juga termasuk ciptaan Allah. Dengan pemahaman yang baik, kedepannya, si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang penyayang sesama dan makhluk hidup lainnya.

3. Melawan Rasa Takut
Anak pasti akan melihat bahwa bentuk, suara hewan berbeda-beda. Nah, ketika anak memperlihatkan rasa ketakutannya pada jenis hewan tertentu, bunda dapat memanfaatkan momen ini untuk mengendalikan rasa takut si kecil, paling tidak berani memberi makan hewan. Tetapi kalau untuk menaklukan binatang buas, mungkin tidak sampai seperti itu juga, lha wong Mak e yo wedi.

Sedang memberi makan Rusa (kangkungnya sudah dilahap jadi ga ke foto)
4. Mengajarkan Anak Untuk Mematuhi Aturan
Dalam sebuah kebun binatang tentunya ada peraturan yang wajib ditaati pengunjung. Misalnya, tidak boleh memberi makan hewan tertentu, membuang sampah sembarangan, tidak boleh mengambil foto, dan sebagainya. Sebelum dan selama kunjungan, tentunya bunda wajib mengawasi setiap aktivitas anak, agar si kecil tidak menyalahi aturan. Secara tak langsung juga, hal ini dapat melatih si kecil untuk mematuhi aturan yang ada.

Ternyata berwisata ke kebun binatang ada nilai edukasinya kan Mom? jadi, masih bingung, weekend ini mau kemana? yuk, ajak si kecil ke kebun binatang.

Terima kasih,

salam dari Si Gingsul

Artikel ini diikutsertakan dalam #Collablogging KEB grup Raisa, adapun berbagai macam edukasi wisata lainnya yang ditulis oleh teman blogger, salah satunya artikel yang berjudul "Mengedukasi Anak Saat Berwisata" ditulis oleh Mak Indira, dapat anda baca disini
Dan berikut tulisan grup Raisa yang lain tentang Edukasi Wisata:
1. Berwisata Edukasi di Makassar dan Sekitarnya, Author Mak Eryvia
2. 8 Poin Edukasi yang Bisa didapat Anak Saat Traveling Bersama Keluarga, Author Mak Merida
3. Wisata Edukasi Saat Pulang Kampung, Author Mak Gifta  
4. Wisata Edukasi ke Hutan Pengger Yogyakarta, Author Mak Ima

4 komentar:

  1. Bonbin emang gudang ilmu yg baik untuk anak ya mba, anak2 bisa bersentuhan lgsg dg hewan2 yg selama ini cm mrk lihat di buku

    BalasHapus
  2. Aku suka banget kalau ajak anak anak ke Gembira Loka :) ga pernah bosen. Hehehe

    BalasHapus
  3. Sayangnya di Makassar gak ada bonbin.
    Tapi waktu ke Farmhouse Bandung, anakku Faizah senang banget lihat banyak binatang dan bisa kasi makan domba langsung dalam kandangnya :)

    BalasHapus
  4. Uda pengen bawa babyF ke bonbin sih, tp kayaknya masih terlalu kecil dan belum kenal banget sama binatang. Jadinya kenalan sama binatang dulu lewat buku aja deh

    BalasHapus