Minggu, 23 Juli 2017

Travelling sambil Belajar Sejarah ke Candi Kembar (The twins temple)

       Setiap hari Minggu keluarga kecil kami memang selalu menyempatkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat yang memang lagi nghits terutama di Yogyakarta. Selain itu, misi utama kami adalah untuk menanamkan jiwa travelling pada si kecil. Jadi, kami putuskan untuk pergi berlibur ke tempat yang berbau sejarah. Maklum daerah Yogyakarta dan sekitarnya memiliki banyak kawasan wisata yang menarik, bersejarah sehingga waktu sehari saja tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata di Yogya dan Jateng.
Lalu tempat apa yang bersejarah itu?
    Apakah anda tau sinetron terbaru Saur Sepuh yang tayang di SCTV? Tau lokasi syutingnya dimana? yupz (bacanya ala TUTI dunia terbalik), salah satu lokasi syuting yang dipakai adalah di tempat ini, yang kemarin hari Minggu kami berlibur kesana. Karena tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah, dan tentunya harga tiket masuk di Lokasi ini murah meriah. Sehingga kami putuskan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini.
        Candi Plaosan, ini lah nama candi yang biasa disebut sebagai candi kembar. Candi ini terletak di belakang Candi Prambanan. Tapi kami gak mampir ke candi Prambanan, karena melihat-lihat situasi dompet kami..hhaa. Harga tiket masuk Candi Plaosan pun juga murah cuma Rp 3.000/orang, tempatnya pun luas, pokonya gak kalah ma Candi Prambanan dan Borobudur. O ya, Candi Plaosan itu tidak terletak di kawasan Yogyakarta ya, tapi sudah masuk Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan lor (utara) dan Candi Plaosan kidul (selatan). 
         Candi yang berlatar belakang agama Buddha ini dibangun oleh seorang putri raja bernama Pramodhawardhani atau Sri Kahuluan dari dinasti Syailendra pada abad 9 Masehi. Dalam mendirikan bangunan suci ini didampingi suaminya Rakai Pikatan, seorang raja beragama Hindu berasal dari dinasti Sanjaya yang membangun Candi Prambanan.
Candi Plaosan Lor dan Kidul
         Candi Induk Utara ini terdapat relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita dan ada selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Sedangkan Candi induk selatan, reliefnya menggambarkan tokoh laki-laki.
Baca juga: Merapi Park dengan Icon dunianya
         Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara. Pada masing-masing candi induk terdapat 6 patung Dhiyani Boddhisatwa. Walaupun Candi ini adalah Candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara agama Budha dan Hindu.
Mungkin sekian penjelasan tentang Candi Plaosan. Semoga bermanfaat.
 Kami sangat merekomendasikan tempat ini jika anda ingin liburan yang murah, bisa menambah wawasan, serta tidak jauh dari rumah anda terutama warga Yogyakarta dan sekitarnya.
So, kemana anda akan berencana untuk liburan akhir pekan ini? 

Resume in English:
         Candi Plaosan is located in Klaten, Central Java. This temple is divided into two, namely Candi Plaosan Lor (the north Plaosan Temple) and Candi Plaosan kidul (the south Plaosan Temple). A Buddhist temple built by a queen, Pramodhawardhani of Sri Kahuluan from Syailendra dynasty in 9th century. She was assisted by her husband, Rakai Pikata, a Hindu king who built the famous Prambanan temple. 
Thank you, Enjoy your weekend!

 


(Artikel ini diikutsertakan dalam KEB Collablogging grup Raisa) yang ingin membaca tempat wisata lainnya bisa kunjungi blog Mak Ketua Ima di www.tamasyaku.com dan baca artikelnya di web KEB berjudul Liburan Akhir Pekan, Ke Mana Ya?

Untuk referensi lain tentang travelling, anda bisa kunjungi blog ini:
1. Travelling Saat Hamil, Siapa Takut?, author: Mak Ery
2.BSZ, Bukan Kebun Binatang Biasa, author: Mak Dira
3.Setelah Berpetualang, author: Mak Gifta
4.Keistimewaan Travelling ke Batutumonga, author: Mak Winarni
5.Tak Harus ke Papua, author: Mak Merry   
 
Domo Arigatou ^^

5 komentar:

  1. Suka bangeett ke Plaosan ini, sunsetnya ketje, dan juga sunrisenya dapat juga. Sejuk di sini sore hari dan deket rumah ya. Senangnyaaaaa.

    BalasHapus
  2. Waoow..jd mak dh prnh ksni? Iya keren kn mak, gk klh sma candi P dn B..hhe

    BalasHapus
  3. Aah.. Yogyakarta. Kota sejuta kenangan yang gak akan terlupakan seumur hidup. Yang bikin betah itu udaranya yg adem dan pemandangannya yg asri. Soal objek wisata mah aku angkat tangan mbaak. Banyaaak.. dan indah semua. Tuh kan, jadi baper lagi

    BalasHapus
  4. Wah.. ini nih salah satu yang dipelajari jaman SD dulu. Candi Plaosan, Rakai Pikatan, Pramodhawardhani. Suatu saat pasti saya ke sana! Insya Allah...

    BalasHapus
  5. Oke, suatu saat kalo ke Yogya. Tempat ini bakal jadi salah satu tempat yang dikunjungi. Supaya ngga mainstream juga ye kan, ngga cuma ke Prambanan atau Borobudur.

    BalasHapus