Senin, 23 Oktober 2017

Weekend Produktif: Menyulap Kaleng Bekas Menjadi Barang Bermutu Tinggi

Assalamualaikum, Bonjour, bagaimana kabarnya para readers setia blog Farida? Saya harap semuanya sehat selalu ya, karena kali ini saya akan memberi tahu sebuah tutorial DIY yang Insya Allah bermanfaat untuk para readers.
Sebelum ke step-stepnya, saya pengen tanya, readers tau kan apa itu DIY? bukan kepanjangan dari Daerah Istimewa Yogyakarta ya. hhee .Tapi, jujur, dulu waktu pertama kali lihat video tutorial gitu tentang craft dan ada huruf "DIY" yang terpikirkan oleh saya itu ya tadi readers Daerah Istimewa Yogyakarta, 😄😂(tenang, itu kan dulu). Yang saya bingungkan juga, isinya kok membahas kerajinan tangan?, dan akhirnya saya googling aja, ternyata DIY itu kepanjangan dari Do It Yourself yang memiliki arti sebuah kegiatan membuat, memodifikasi atau memperbaiki sesuatu yang dilakukan sendiri (yang berhubungan dengan kreatifitas atau kerajinan tangan). 
Saya juga tertarik dengan dunia crafting ini sejak tahun 2011. Awal mulanya saya membuat bros dari kain perca, karena Ibu saya adalah seorang penjahit, jadi dirumah banyak sekali kain perca, yang butuh kain perca bisa lho datang kerumah 😆. Lalu saya ingin memanfaatkan kain itu menjadi sesuatu yang Amazing, Alhamdulillah, dari hobi baru ini, saya dapat uang jajan tambahan.
Kemudian dari kain perca, beralih ke flanel. Setiap mau Idul Fitri, pasti kami mendapat bingkisan, dan salah satu isinya itu berupa kaleng wafer, dan saya pun memiliki ide untuk menghias kaleng ini menjadi benda yang memiliki seni tinggi. 

Dan berikut tutorial Menyulap Kaleng Bekas Menjadi Barang Bermutu Tinggi.
sebelumnya maaf ya, mungkin perpaduan warna flanelnya agak nyeleneh, karena saya hanya memanfaatkan segala hal yang berbau bekas. Tanpa harus ngutak-ngatik isi dompet saya 😁.

Pertama siapkan alatnya:
1. Kain Flanel (kalau bisa lebih dari 4 flanel)
2. Lem tembak dan Glue Gun
3. Kaleng Bekas
4. Gunting
5. Pensil, jarum dan benang hanya optional saja.
Contoh dari alat-alatnya
Cara membuatnya sangatlah mudah, anda hanya tinggal menggunting dan menempel tanpa harus dijahit:
1. Tempel tutup kaleng dengan flanel agar nanti kita gampang guntingnya. Tapi yang mau tutup kalengnya di gambar di flanel juga boleh, cuma nanti flanel jadi kotor. Seperti ini contohnya:

2. Potong flanel untuk badan kalengnya. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



3. Setelah tutup dan badan kaleng tertutup oleh flanel, mulai menghiasnya ya. Bagian tutup kaleng itu kan masih terlihat garis yang bikin kurang rapi, kita bisa menutupnya dengan flanel yang digulung, bentuknya saperti astor.
membuat long wafer roll


4. Setelah tutup kaleng terlihat lebih rapi, mari kita bikin toppingnya:
    A. Sushi Flanel
Mudah kan?
     B. Wafer Roll Flanel
         Untuk membuat bentuk ini, anda cukup memotong 2 flanel warna yang berebeda, panjangnya 
         sesuai keinginan saja ya. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar membuat wafer roll.


Dan begini penampakan kaleng bekas Flanel yang pertama 

Untuk kaleng bekas flanel kedua, bertemakan Perjalanan. Dan pada tutup kalengnya saya beri hiasan berupa Pita. berikut contoh membuat Pita:

Dan inilah hasilnya:
Cantik, Indah, dan mudah kan readers?, Cara ini bisa juga lho diaplikasikan pada kotak tisu. Ini gambar hasil karya saya :
Keren kan? hehe
Mari maks, saudara, saudari kita berkreatifitas membuat benda yang ada disekitar kita, yang tadinya tidak ada daya jualnya, kita manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna. Dan dengan melakukan DIY ini dapat menambah wawasan, menghemat biaya, ada perasaan puas dan bangga dengan hasil karya sendiri. Banyak kan manfaatnya?
Semoga tutuorial ini menginspirasi ya readers.

Karena artikel ini merupakan #KEBCollablogging, dan kali ini grup kami yaitu grup Raisa, mengelurkan postingan bertema DIY , jadi anda bisa mendapatkan informasi tutorial DIY lainnya yang memanfaatkan barang-barang bekas di :
1.Website KEB, dengan judul Weekend Produktif dengan Kreasi Baju Bekas, Author:Mak Merrida Merry
2. DIY:Memanfaatkan Botol Bekas Selai, Author: Mak Eryvia Maronie

Matur Suwun

Si Gingsul

7 komentar:

  1. Waaaah.. kreatiiif, jadi pengen buat untuk Aira niiii

    BalasHapus
  2. Hua..keren Mak..jadi semakin cantik kaleng kuenya

    BalasHapus
  3. Baguus maak... inspiratif banget nih, jadi punya gambaran kaleng2 bekas di rumah mau diapain.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak, manfaatkn sesuatu yg sdh tdk bernilai mnjdi brnilai lg

      Hapus
  4. lucuk, sepertinya mudah yaaa, tapi emang bikin prakarya atau DIY itu tanganan ya mak. Aku termasuk yg sulit utk bikin2 prakarya beginian.

    BalasHapus